fbpx

Bunda merasa tidak nyaman saat memandang laptop terlalu lama?

Mata terasa pedih dan berair setelah beberapa waktu di depan laptop?

Bunda tidak sendiri, beberapa teman saya juga mengalaminya.

Awalnya saya menyarankan untuk menggunakan kacamata radiasi atau pelindug monitor, seperti yang dulu terpasang di depan tv kuno.

Tetapi kemarin saya menemukan hal yang sama di sebuah forum menulis. Dan ada penulis yang membagikan solusi yang sangat sederhana tetapi mujarab.

Solusinya adalah 20/20/20.

Apa itu mister?

Arti dari 20/20/20 adalah setiap 20 menit memandang laptop, kita istirahatkan mata selama 20 detik dengan memandang benda sejauh 20 feet (6 meter).

Tips ini diperkenalkan oleh Dr. Jeff Anshell seorang spesialis dalam “vision ergonomics”.

Bunda bisa melihat wawancaranya beliau di bawah

Dalam wawancara tersebut Beliau berkata bahwa mata kita tidak berevolusi untuk fokus dalam jangka pendek dalam jangka waktu yang lama.

Karena itu beliau menyarankan kita untuk melakukan 3 B, yaitu blink, break and breathe (mengedipkan mata, istirahat, dan bernafas) yang beliau rangkum dalam tips 20/20/20.

Ternyata sederhana sekali ya.

Hayuh bisa dipraktekkan ini, terutama untuk yang matanya sensitif.

Saya pribadi menggunakan jeda dalam bekerja di depan laptop, setiap 50 menit, timer jam akan berbunyi, penanda istirahat 10 menit.

Selama istirahat yang sering saya lakukan adalah senam. Iya senam sendiri pakai instruktur YouTube. Supaya badan tidak kaku seharian di depan laptop.

Senam yang saya gunakan adalah senam Taiso

Sengaja memilih versi cowok yang lebih kaku, biar gampang ditiru, hehe.

Senam ini hanya 3 menitan, jadi setelah selesai senam kita bisa memandang langit atau benda lain yang berjarak 6 meter lebih.

Jadi itu adalah tips untuk solusi mata perih, menggunakan tips 20/20/20 dan tambahan senam supaya badan tidak kaku seharian di depan laptop.

Salam sehat semuanyaa.