fbpx

Keberadaan internet sangat membantu kita sebagai guru PAUD. Mulai dari pencarian materi, ide kreativitas, hingga sarana komunikasi semua terbantu dengan internet.

Tapi kita sebagai pengguna juga perlu memperhatikan keamanan dan privasi. Hal yang sayangnya sering kita lupakan.

Untuk itu dalam artikel ini, kami kumpulkan video dari channel YouTube Google Indonesia (Channel resmi Google di Indonesia) untuk memberi informasi tentang keamanan dan privasi dalam berinternet.

  1. Keamanan online kapan saja, dimana saja
    Dalam video ini kita akan belajar tindakan yang membantu keamanan di ponsel kita.

2. Menghindari phising dan scam

Video ini akan mengajarkan tenang manipulasi psikologis yang ada di internet. Pernah mendapatkan tawaran hadiah atau uang dari email atau wa? Itu termasuk dalam manipulasi psikologis. Cek lengkapnya di video:

3. Mengelola reputasi online

Dalam video ini kita akan belajar memisahkan info publik dan info pribadi, termasuk jejak digital. Bagaimana setiap tindakan kita di internet akan membentuk reputasi online. Kita juga akan belajar bagaimana kita bisa menciptakan lingkungan internet yang menyenangkan untuk semua orang.

4. Menelusuri dengan cerdas

Dalam video ini Kita akan belajar tentang sumber informasi yang sah. Kita akan belajar dengan panduan pertanyaan untuk memastikan kebenaran sumber informasi yang kita peroleh.

5. Keamanan dan privasi di internet

Dalam video ini Bunda akan belajar tips membuat password dan opsi pemulihan sandi.

Nah, sekarang Bunda Yanda sudah mengetahui bagaimana beinternet yang aman dan terjaga privasinya.

Bunda bisa melanjutkan membaca cara mengenali berita hoax di sini