NaZaNWR6MGpaMGZ4NGJaNqt4NncsynIkynwdxn1c
Cara Gampang Mencari Dokumen Online

Cara Gampang Mencari Dokumen Online

*Broadcast MateriTK*
Jumat, 7 Mei 2021

Selamat sore Bunda semua šŸ˜€.
Broadcast hari ini adalah tentang tips IT/ internet. Tepatnya cara mencari dokumen google sheets (pengolah angka), google slide / presentation, dan google docs yang disetting public.

Kadang kan kita butuh referensi untuk dokumen yang akan dikerjakan, dan dengan adanya internet kita bisa mendapatkan banyak referensi, cukup dengan menggunakan trik sederhana ✨.

Trik ini saya dapatkan dari twitter Faiz Ghifari yang bisa Bunda cek di https://mobile.twitter.com/MFaizGhifari  

Langsung kita gunakan contoh ya, semisal Bunda sedang bekerja untuk membuat dokumen pengolah angka (google sheets) untuk kalender editorial, maka Bunda tinggal mengetik kalimat berikut di kotak pencarian google:

site:http://docs.google.com/spreadsheets intitle:"editorial calendar"
 


seperti biasa, hasil pencarian lebih banyak tersedia dalam bahasa Inggris. Jadi saran saya, Bunda gunakan kata bahasa Inggris untuk mencari dokumen yang dibutuhkan. 

Kalau Bunda ingin mencari dokumen pengolah kata (google docs) untuk panduan menulis essay , Bunda tinggal mengganti beberapa kata dari template yang tadi digunakan:

site:http://docs.google.com/document intitle:"essay"



Semisal Bunda membutuhkan contoh presentasi (google slides) tentang alam semesta, Bunda cukup mengetik:

site:http://docs.google.com/presentation intitle:"universe"



Kalau dengan kata kunci yang Bunda ketik, hasilnya tidak ada, berarti Bunda perlu menggunakan kata kunci lainnya, sepertinya tidak ada judul file dengan kata kunci yang Bunda ketikkan tersebut.



Sampai sini mulai terlihat polanya ya, kita tinggal mengganti beberapa kata untuk mendapatkan yang dibutuhkan dengan format yang sesuai. 
site:http://docs.google.com/spreadsheets intitle:"X"
site:http://docs.google.com/document intitle:"X"
site:http://docs.google.com/presentation intitle:"X"

spreadsheets untuk pengolah angka, document untuk pengolah kata, presentation untuk pengolah tampilan, dan X untuk kata kunci yang Bunda cari.

Memudahkan bukan?

Tapi Bunda juga perlu ingat, kemudahan itu juga menyisakan ruang "bahaya", karena berarti dokumen yang Bunda buat menggunakan google sheets, google docs, dan google slides akan bisa diakses semua orang, kalau Bunda menyetingnya sebagai public.

Jadi kalau Bunda memiliki dokumen yang mengandung data rahasia, dan Bunda perlu membagikannya dengan teman Bunda, pengaturan sharinngnya Bunda buat saja dengan menggunakan alamat email teman Bunda. Jadi hanya yang memiliki email tersebut yang bisa mengakses dokumen Bunda.

Semoga membantu.

Dan berikut adalah beberapa dokumen menarik yang saya dapatkan dari hasil pencarian menggunakan tips ini:

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1teTaftr5dLP6tlizysbs2sjYj_zb5pTT6i9gwrYiQvU/edit#gid=0 berisi template sederhana tracking habit (kebiasaan). Cocok untuk Bunda yang akan mencatat kebiasaan baru.








Peringatan: hati - hati dengan penawaran download buku. Saya menemukan ada banyak dokumen yang hanya berisi tawaran untuk mengunduh buku gratis, dengan link tujuan yang belum teruji.

Baik, sebagai penutup, dan menyambut hari sabtu, berikut adalah video hiburan untuk Bunda semua.



Sampai jumpa di broadcast minggu depan.

via GIPHY

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.
Contact Us via Whatsapp