NaZaNWR6MGpaMGZ4NGJaNqt4NncsynIkynwdxn1c
Tekanan Kerja Membuat Stress, Guru TK di Vietnam Meminta Pensiun Dini

Tekanan Kerja Membuat Stress, Guru TK di Vietnam Meminta Pensiun Dini

Rekan Guru TK di Vietnam merasa stress dan meminta pensiun dini. Berbagai hal menjadi penyebab tekanan yang berujung stress dalam bekerja.

Berikut beberapa hal yang menjadi tekanan, diambil dari berita online:

  1. Bekerja lebih dari 10 jam sehari
    Salah satu guru disebutkan harus berangkat dari rumah jam 5:30 pagi dan baru sampai di rumah jam 6 sore.


  2. Tekanan dari orang tua
    "Orang tua begitu cepat marah dan berteriak, tanpa mencari tahu apa yang menjadi akar permasalahan." Kata seorang guru saat ditanya yang menjadi contoh tekanan dari Orang tua.
  3. Tekanan pekerjaan yang berat
    Pada umumnya dua orang guru akan menangani kelas dengan 30 sampai 40 anak. Dan itu termasuk piket mengawasi tidur siang anak - anak. Baru jam 5 sore saat orang tua menjemput anak, para guru bisa beristirahat. Hal ini ditambah program departemen pendidikan yang meminta adanya pengenalan teknologi kepada anak - anak, yang berarti guru - guru harus belajar lagi.
  4. Tugas Rumah Tangga yang terabaikan.
    Dengan jam kerja yang sampai sore dan beban yang menghabiskan mental dan pikiran, Guru TK yang mayoritas wanita masih harus melakukan pekerjaan rumah, seperti membersihkan rumah dan memasak. Hal ini menjadi beban tambahan dalam keluarga.

Dengan semua keadaan itu, Serikat Pekerja di Vietnam mengajukan proposal. Mereka meminta Guru TK dikategorikan sebagai pekerja dalam bidang berbahaya. Jika proposal tersebut disetujui, maka guru TK bisa pensiun 5 tahun lebih dini, pada usia 55 sampai 57 tahun.

Sebagai tambahan informasi. Pendidikan di Vietnam mengalami kekurangan guru TK. Pada pertemuan tahunan, menteri pendidikan Vietnam menyebutkan bahwa pada tahun 2018, mereka kekurangan 43.700 guru TK. Sebuah jumlah yang sangat besar.

Rupanya masalah yang dialami guru TK di mana - mana mirip - mirip ya. Mulai dari tekanan orang tua, tekanan pekerjaan, hingga jam kerja yang luar biasa.

Semoga dengan mengetahui hal ini, kita merasa lebih kuat, karena tidak sendirian, dan bisa saling mendukung sesama guru TK.



Salam hangat dari Salatiga.

Komentar

Contact Us via Whatsapp